>Adi Putro
AdiPutro pada saat ini
telah meraih apa yang tidak terbayangkan pada tahun 1973. Sedikit yang
tahu bahwa bisnis karoseri ini dirintis sejak tahun 1973 oleh kakak
beradik yang pada saat itu bekerja di salah satu dealership otomotif.
Melihat tingginya permintaan pasar akan alat transportasi penumpang,
kakak beradik ini memutuskan untuk merubah mobil pick-up menjadi
kendaraan transportasi penumpang. Strategi ini mendapat respon yang
sangat baik karena mereka dapat memenuhi kebutuhan pasar pada saat itu.
Kejelian mereka dalam meresponi permintaan pasar tersebut membuat mereka
berani memanfaatkan semua sumber daya yang mereka miliki untuk
membangun bengkel karoseri kecil sendiri pada tahun 1973. Melalui
karoserie kecil ini mereka merintis usaha karoseri dengan memproduksi
mini bus dalam skala kecil. Kegigihan mereka yang didukung permintaan
pasar membuat usaha karoseri mereka berkembang dalam waktu 2 tahun saja.
Akhirnya pada tahun 1975, AdiPutro resmi berdiri di Malang, di mana sampai sekarang masih menjadi pusat operasional AdiPutro. Atas kesadaran untuk terus mempertahankan kualitas yang baik dalam setiap produksinya, maka AdiPutro mulai mempertajam skill yang ada, serta menambah alat bantu permesinan. Pada tahun 1982, AdiPutro memutuskan untuk berinvestasi dalam permesinan yang kemudian dikenal dengan kualitas FULL PRESSED BODY. Penyempurnaan kualitas produk-produk AdiPutro terus ditingkatkan sehingga pada tahun 1986 AdiPutro mulai menggunakan pengecatan sistem OVEN. Upaya mengembangakan pemasaran menjadi lebih besar, di tahun 1989 Adiputro mendirikan divisi pemasaran di Jakarta dan kemudian sebuah pabrik perakitan untuk produk Adiputro di Bekasi.
Pengembangan terus dilakukan sehingga pada tahun 1994 AdiPutro menjalin kerja sama dengan salah satu produsen bus terbesar dan terkemuka di Jerman. Hal ini membuka pintu bagi AdiPutro untuk menggapai pasar Asia Tenggara. Melalui kerja sama ini para tenaga ahli AdiPutro dikirim untuk belajar ke Jerman untuk mencapai standar perakitan yang bertaraf internasional. Sejak saat itu, AdiPutro pun berkembang menjadi perusahaan karoseri terpercaya dan menerima pengakuan untuk kualitas bus produk yang mereka produksi, serta memperoleh kepercayaan dari para pengusaha-pengusaha besar transportasi otomotif di Indonesia.
Akhirnya pada tahun 1975, AdiPutro resmi berdiri di Malang, di mana sampai sekarang masih menjadi pusat operasional AdiPutro. Atas kesadaran untuk terus mempertahankan kualitas yang baik dalam setiap produksinya, maka AdiPutro mulai mempertajam skill yang ada, serta menambah alat bantu permesinan. Pada tahun 1982, AdiPutro memutuskan untuk berinvestasi dalam permesinan yang kemudian dikenal dengan kualitas FULL PRESSED BODY. Penyempurnaan kualitas produk-produk AdiPutro terus ditingkatkan sehingga pada tahun 1986 AdiPutro mulai menggunakan pengecatan sistem OVEN. Upaya mengembangakan pemasaran menjadi lebih besar, di tahun 1989 Adiputro mendirikan divisi pemasaran di Jakarta dan kemudian sebuah pabrik perakitan untuk produk Adiputro di Bekasi.
Pengembangan terus dilakukan sehingga pada tahun 1994 AdiPutro menjalin kerja sama dengan salah satu produsen bus terbesar dan terkemuka di Jerman. Hal ini membuka pintu bagi AdiPutro untuk menggapai pasar Asia Tenggara. Melalui kerja sama ini para tenaga ahli AdiPutro dikirim untuk belajar ke Jerman untuk mencapai standar perakitan yang bertaraf internasional. Sejak saat itu, AdiPutro pun berkembang menjadi perusahaan karoseri terpercaya dan menerima pengakuan untuk kualitas bus produk yang mereka produksi, serta memperoleh kepercayaan dari para pengusaha-pengusaha besar transportasi otomotif di Indonesia.
Jenis Jenis Jetbus Adiputro
JETBUS MC : Biasanya kendaraan ini bermesin Isuzu Elf, Hino
Dutro, Mitsubishi Canter, & Toyota Dyna. Untuk lampu belakang, model
ini menggunakan lampu belakang Ford Ranger. Ada 2 type, short chassis
& LWB (Long Wheel Base).
Jetbus MD : Adalah body buatan Adiputro untuk segmen medium bus, biasanya varian ini berchassis Mitsubishi FE84 BC, Hyundai Mighty Bus, Hino FB dll...
Jetbus (non HD) : Awal kemunculan nama JETBUS, adalah karena varian ini. Model ini rilis setelah model New Marcopolo. Untuk membuat tampilan yang segar, karoseri Adiputro membuat model baru yang diberi nama "Jetbus"
Jetbus HD : Setelah varian Jetbus non HD sukses di pasaran. Lalu Adiputro membuat varian baru lagi, yaitu Jetbus HD. HD yang artinya High Deck, jadi bodi bis lebih tinggi dari pada non HD. Banyak chassis yang dapat diaplikasikan pada model ini, misalnya Mercerdes-benz OH1521, OH1525, OH1526, OH1626 dan Hino RK8
Jetbus HDSE : Secara umum tak ada yang beda antara Jetbus HD & Jetbus HDSE. Setelah kuteliti lagi, ternyata bedanya pada tampilan belakangnya. Adanya stop lamp tambahan dibawah stop lamp utama dan juga mufler knalpot ada 2 lubang
SUPER JETBUS : Varian ini adalah hasil penyempurnaan & penyegaran tampilan dari Jetbus HDSE. Adanya 5 titik sensor parkir pada body belakang bis. Dan lubang mufler bertambah menjadi 4 buah.
JETBUS STAR HD : Ada yang baru dari PO. Nusa Bhakti Trans. Dengan memperkuat jajaran armadanya, Nusa Bhakti telah mempersiapkan senjata andalan, yakni Jetbus Star HD. Bis ini bermesin Mercedes-Benz OH1526. Dan istimewahnya bis ini sudah dilengkapi dengan Air Suspension (Suspensi Udara) yang tentunya membuat penumpang semakin nyaman.
SP Jetbus HD : Saya belum tau pasti tentang varian yang satu ini, apa mungkin SP itu maksudnya Spesial??? dari yang saya amati mungkin karena adanya sekat pembatas antara ruang pengemudi dan ruang penumpang.
NEW Jetbus HD : Yang ini jelas bahwa new adalah varian Jetbus yang paling baru. Menurut saya bedanya dari pemdahulunya adalah bumper depan yang semakin disempurnakan. Dan beda lainya masih ku teliti... hehehe
Jetbus + : Ada yang baru dari PO. Zentrum. Di akhir-akhir tahun 2012 Zentrum telah melahirkan armada barunya, tentu saja buatan Karoseri Adi Putro. Namun ada yang beda dari biasanya, kali ini dengan nama Jetbus +. Varian ini diciptakan untuk PO Zentrum dengan 2 warna livery, ada biru dan pink. Tapi tetap dengan motif livery yang sama.
Erobus FD : Gebrakan baru dari PO. Efisiensi untuk mempersiapkan tahun baru 2013. PO. Efisiensi telah mempersiapkan bus yang berbaju rakitan karoseri adiputro. Tapi sudah tidak menggunakan nama "Jetbus HD" lagi. Melainkan "Erobus FD". Ada yang bilang nama tersebut bermaksud "Erry Owner Bus" yang disingkat Erobus. Dan kata "FD" sampai saat ini belum kutemukan jawabannya.
Jetbus HD2:JETBUS HD2 Keluaran Baru
Dari Karoseri Adiputro
JETBUS HD 2 Keluaran Terbaru
Karoseri Adi Putro - K aroseri Adi
Putro sebagai salah satu karoseri
terbesar di Indonesia dengan bus
Royal Coach yang lebih dikenal
dengan Jetbus atau Jetbus HD sudah
lama tidak melakukan gebrakan yang
berarti selain hanya penambahan
asesoris atau hanya sekedar
penyegaran pada bagian-bagian
tertentu baik eksterior dan interior
sang Jetbus. Berbeda dengan karoseri
Laksana yang baru saja meluncurkan
All New Legacy Sky pada ajang IIMS
2013 yang lalu.
Body Samping JETBUS HD2 Masih
sama dengan JETBUS Sebelumnya.
Karoseri adiputro Masih tetap
Mempertahankan Body New TRAVEGO
Karena memang masih terlihat
Belum Membosankan untuk dilihat.
Terbukti Bahwa Body Model New
Travego Banyak Diminati Banyak
Perusahaan Otobus Di Indonesia
Untuk Memilikinya.
Body Belakang JETBUS HD2
Perubahan Pada pada bagian
rearlamp dan kisi-kisi udara.Pada
bodi Jetbus 2 ini menggunakan lampu
full LED yang sekilas mirip dengan
lampu New Legacy SR-2 tapi tenyata
berbeda. Lampu belakang jetbus 2
lebih kecil daripada lampu Legacy
Sr-2. Masih sama dengan seri
pendahulunya New Travego - New
Marcopollo - dan Jetbus ini
menambahkan aksen stop lamp LED
memanjang di bawah kap mesin
sehingga lampu kanan dan kiri
menyatu. Kisi-kisi udara di kap mesin
Jet bus 2 saat ini diliburkan, yang
ada hanya 3 kisi-kisi horisontak di
antara kaca diamond class dan
penutup kap mesin. Seperti model
Royal travego Tenterm pada PO.
Kramat Djati yang terkesan lebih
simpel namun tetap garang.
Body Depan JETBUS HD 2
Stiker identitas diri sebagai Jetbus
HD 2 di kaca atas bagian tengah.
Lampu Depan Berani Tampil Beda
Kalau Dilihat Garang Karena
memakai Lampu Full LED. Spion
masih menggunakan spion standar,
mungkin bila menggunakan spion
Skyliner atau SR-2 Sinar Jaya yang
panjang akan semakin menambah
garang penampilan.
Sekian Informasi Dari saya Apabila ada kesalahan saya mohon maaf
Sumber:
Copyright © 2015 Bismania Community
Template Edited By Imam Zulkarnaen | Powered By Blogger
BIS (Bagiku Indah Selamanya....)
Adi Putro Karoseri
www.Google.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar